Kembali

Widyaiswara Berperan Strategis Dalam Membentuk ASN Berkelas Dunia

Jakarta - Salah satu syarat untuk dapat menduduki jabatan Widyaiswara adalah dengan memdapatkan surat rekomendasi yang diterbitkan oleh Lembaga Administrasi Negara (LAN) setelah calon Widyaiswara dinyatakan lulus syarat administrasi dan uji evaluasi kompetensi melalui paparan spesialisasi mata diklat.

Hal ini sebagaimana proses yang diikuti oleh 30 calon widyaiswara dari berbagai Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah seluruh Indonesia, saat mengikuti acara "Pengarahan Kepala LAN Kepada Peserta Diklat Calon dan Seleksi Cawid", di Kantor LAN, Jl. Veteran No.10 Jakarta Pusat, Senin (13/4).

Kepala LAN, Prof. Dr. Agus Dwiyanto, MPA, dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa Indonesia saat ini membutuhkan Aparatur Sipil Negara (ASN) berkelas dunia untuk menghadapi tantangan Masyarakat Ekonomi ASEAN di era globalisasi kedepannya.

Kepala LAN memberikan contoh dari aparatur sipil negara yang ada di negara-negara maju, dimana kebijakan-kebijakan yang dibuat untuk aparaturnya bersifat nasional, mempunyai pembagian pemerintahan yang jelas antara yang terpusat dengan yang diserahkan ke daerah, memberikan investasi yang tinggi untuk pengembangan aparaturnya, dan memiliki perencanaan karir yang jelas.

“Kita harus mencoba belajar dari Korea Selatan, terutama semangat kebangsaannya, menginspirasi bangsa lain untuk bekerja keras, membangun kompetisi untuk mengalahkan pesaingnya, serta menggunakan negara lain sebagai benchmark. Hal itu yang harus ada pada ASN kita”, jelas Agus dengan memberikan contoh dari salah satu negara maju.

Agus mengatakan, LAN selaku instansi pembina diklat saat ini terus mengambil langkah strategis untuk membentuk pemerintah yang berkinerja tinggi (high performing governance) guna menghadapi tantangan Masyarakat Ekonomi ASEAN.

“Makanya kita memberikan training khusus kepada para pengajar ASN atau widyaiswara yang memiliki peran strategis dalam pembentukan kompetensi pegawai ASN” tambahnya.  

Dalam pembukaan diklat tersebut, Kepala LAN, Prof. Dr. Agus Dwiyanto, mpa didampingi oleh Deputi II Bidang Diklat Aparatur, Dr. Muhammad Idris, M.Si; Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Teknis dan Fungsional, Dr. Andi Taufik, M.Si; Kepala Pusat Pembinaan Widyaiswara Dra. Army Winarti, M.Si; serta pejabat struktural lainnya di lingkungan LAN. (nofeldy/humas)

Komentar
Trackback URL:

Tidak ada Komentar. menjadi yang pertama.