Kembali

Tingkatkan Kapasitas Pemerintah Daerah, Kabupaten Pakpak Bharat Gandeng LAN

Jakarta - Dalam rangka membantu percepatan reformasi birokrasi dan mewujudkan sistem tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) di lingkungannya, Kabupatan Pakpak Bharat menjalin kerjasama dengan Lembaga Administrasi Negara (LAN).

Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Bupati Pakpak Bharat, Remigo Yolando Berutu, MBA dengan Plt. Kepala LAN DR. Adi Suryanto, M.Si di Ruang Rapat Pimpinan, Gedung Wicaksana, Kampus PPLPN LAN, Pejompongan, Jakarta, Rabu (10/6).

Dalam MoU itu dijelaskan tentang perlunya penguatan kapasitas pemerintah daerah melalui pengkajian kebijakan, pendidikan dan pelatihan, inovasi administrasi negara, serta penyelenggaraan pendidikan tinggi bagi pemerintah kabupaten pakpak bharat.

Bupati Pakpak Bharat, Remigo Yolando Berutu dalam sambutannya mengatakan, kerjasama ini dengan LAN ini dilakukan agar terjadi percepatan reformasi birokrasi pemerintah daerah dalam hal kelembagaan, peningkatan kapasitas sumber daya aparatur serta berbagai kerjasama strategis di lingkungan Phakpak Bharat.

Remigo juga menambahkan perlunya aparatur sipil negara yang kreatif dalam menciptakan inovasi-inovasi baru di Kabupaten Pakpak Bharat guna menjadikan pemerintahan lebih dinamis.

“Disamping itu, inovasi juga diperlukan untuk memperbaiki penyelenggaraan pemerintah daerah yang transparan dan akuntabel,” tambahnya.

Plt. Kepala LAN RI, DR. Adi Suryanto, M.Si dalam kesempatan itu sangat mengapresiasi kerjasama yang dilakukan Kabupaten Pakpak Bharat dengan menggandeng LAN.

Menurutnya, walaupun Kabupaten Pakpak Bharat merupakan kabupaten yang masih relatif muda, namun sudah banyak perubahan dan prestasi yang telah diperoleh. Misalnya inovasi di bidang pendidikan yang masuk dalam nominasi 99 Inovasi Pemerintah Daerah yang diselenggarakan oleh kementerian PAN & RB pada waktu lalu.

“Semoga MoU ini akan memiliki implikasi positif. Dengan adanya kerjasama yang baik, saya berharap kita bisa menyumbangkan dan memperkaya sumbangsih untuk kesejahteraan masyarakat pada umumnya," katanya. (chok/thopa/humas)

Komentar
Trackback URL:

Tidak ada Komentar. menjadi yang pertama.