Kembali

Thammasat University Thailand Ajak Kerjasama LAN di Bidang Kediklatan

Jakarta – Perubahan dan metode pembelajaran dalam Diklatpim yang dilakukan Lembaga Administrasi Negara (LAN) selaku instansi pembina diklat menjadi daya tarik bagi Thammasat University Thailand.

Hal ini terungkap dalam kunjungan yang dilakukan Thammasat University  ke Kantor LAN RI, Jl. Veteran No. 10, Jakarta Pusat, Senin (16/3). Kunjungan yang diwakili sejumlah delegasi itu bertujuan untuk menjalin kerjasama pelaksanaan diklat dan mengetahui lebih jauh pola diklat aparatur yang dilakukan LAN.

Rombongan delegasi Thammasat University - Thailand yang terdiri dari Associate Dean for Public Finance, Associate Dean for Graduate Studies, Associate Dean for Research, Director of the Masters of Arts Program in Politics and Government for Executives (MPE) dan Associate Dean for International Affairs diterima langsung oleh Kepala LAN Prof. Dr. Agus Dwiyanto, MPA; Deputi Bidang Inovasi Tri Widodo, SH, MA; Deputi Bidang Kajian Kebijakan, Sri Hadiati WK, SH, MBA; Kepala Pusat Promosi Inovasi dan Pengembangan Kapasitas, PM Marpaung serta hadir juga perwakilan dari French Embassy Pieric Le Geune dan Meyrani S.

Kepala LAN Agus Dwiyanto dalam kesempatan itu memperkenalkan LAN sebagai lembaga yang memiliki fungsi sebagai policy think-tank dalam reformasi administrasi negara di Indonesia.

Selain itu, lanjut dia, LAN juga melaksanakan fungsi mendidik dan melatih aparatur sipil negara di Indonesia agar memiliki kompetensi sebagai pelayan publik.

β€œLAN juga menjadi pendorong bagi pemerintah, di tingkat pusat atau daerah untuk memunculkan inovasi dalam bidang pelayanan publik,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Deputi Bidang Inovasi LAN, Tri Widodo memberikan beberapa contoh inovasi yang saat ini terus diupayakan LAN melalui Laboratorium Inovasi.

Dia pun mencontohkan, berbagai inovasi yang sudah dilakukan oleh Thailand, seperti : Chao Praya Cruiser, Bangkok Agriculture yang produk-produknya sampai di Indonesia, dan pemandu wisata khusus di Pattaya yang dapat berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dengan lancar .

Deputi Bidang Kajian Kebijakan LAN Sri Hadiati dalam pertemuan itu mengusulkan ke depannya untuk membuat program pertukaran pelajar dengan mengirimkan tiga orang mahasiswa setingkat Master Degree dari STIA LAN. Pengiriman mahasiswa itu dalam rangka join training dengan Mahasiswa yang ada di Thammasat University – Thailand guna membahas administrasi publik. (nofel/mus/humas)

Komentar
Trackback URL:

Tidak ada Komentar. menjadi yang pertama.