Kembali

STIA LAN Jakarta Terus Berbenah Diusianya yang ke - 53 Tahun

UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN)merupakan tonggak menuju manajemen SDM aparatur yang profesional dan berbasis merit (meritocracy). Terkait dengan hal tersebut, STIA LAN Jakarta sejak tahun 2012 telah mulai mempersiapkan berbagai langkah untuk antisipasi dan pemenuhan amanah UU ASN tersebut, terutama yang terkait dengan pengembangan SDM Aparatur. Selain itu dari segi substansi/materi perkuliahan STIA LAN juga telah melakukan beberapa langkah untuk penyempurnaan dan penyesuaian mengikuti ketentuan-ketentuan dalam UU Aparatur Sipil Negara tersebut.

Hal ini dikatakan Ketua STIA LAN Jakarta Dr. Makhdum Priyatno, MPA saat pengukuhan 344 wisudawan yang terdiri atas 150 orang Program Magister dan 194 Program Sarjana, di Auditorium Gedung Makarti Bhakti Nagari Komplek PPLPN LAN Pejompongan, Jakarta. Sabtu 23 Agustus 2014.

Makhdum Priyatno menjelaskan bahwa beberapa kebijakan dan langkah perbaikan dalam penyelenggaraan pendidikan STIA LAN Jakarta saat ini sedang terus diupayakan baik dari segi Kurikulum; Akreditasi;  pengembangan dosen; manajemen pelayanan; sarana dan prasaran, sistem penjaminan mutu internal maupun program kerjasama.

Dari segi kurikulum, STIA LAN Jakarta saat ini sedang menyusun rancangan perubahan kurikulum beserta strategi pembelajaran dan sistem pendukung yang diperlukan, sesuai dengan Permendikbud No. 73 Tahun 2013 tentang Penerapan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) Bidang Pendidikan Tinggi dan Permendikbud No. 49 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Sementara itu terkait dengan akreditasi institusi perguruan tinggi, saat ini STIA LAN sedang mengajukan surat permohonan akreditasi ke Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi dan juga sedang menyusun dokumen AIPTnya.

Dari sisi pengembangan dosen, sampai saat ini STIA LAN telah memiliki 51 orang dosen yang terdiri atas 6 Guru Besar; 16 Doktor, dan 35 Magister, dan 90% dosen tetap di STIA LAN Jakarta telah mendapat sertifikat dosen (serdos) sebagai dosen profesional dari Ditjen Dikti dan 2 orang dosen sedang melakukan assesment  dalam rangkaian proses sertifikasi dosen oleh Ditjen Dikti.

Disamping itu dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan di Bidang Administrasi dan akademik,  STIA LAN Jakarta secara terus menerus memperbaiki dan mengembangkan sistem informasi akademik (SIMAK) yang dapat mengakomodasi pelayanan akademik secara online (web-based SIMAK), website STIA LAN (stialan.ac.id) juga telah diperbaharui sejalan dengan kebutuhan baik dari perspektif internal maupun eksternal.

Selain itu STIA LAN juga berkomitmen untuk terus meningkatkan ketersediaan dan kualitas sarana dan prasarana pendidikan baik hardwares maupun softwares, penyediaan referensi untuk pembelajaran juga terus dilakukan termasuk buku di perpustakaan dan ejournal. 

Terkait dengan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Makhdum menjelaskan bahwa  ketentuan –ketentuan beserta langkah operasional penjaminan mutu di STIA LAN telah dirumuskan , ditetapkan dan dituangkan kedalam berbagai dokumen , yaitu Manual Mutu yang mencakup kebijakan mutu dan sistem penjaminan mutu, Sasran Mutu, Standar Mutu, Manual Prosedur, dan Instruksi Kerja.  

Makhdum Priyatno berharap dengan berbagai upaya yang telah dilakukan tersebut para lulusan yang dihasilkan STIA LAN Jakarta dapat diberdayakan sebagai pelopor reformasi birokrasi, sebagai upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik dan mewujudkan tatakelola pemerintah yang bebas dari praktek KKN.

Sementara itu Kepala LAN  Agus Dwiyanto dalam akhir sambutannya mengharapkan para alumni memiliki kepercayaan diri dan bangga terhadap almamater. “Sebagai seorang alumni STIA LAN harus memiliki kepercayaan diri dan memiliki kebanggaan terhadap almamater, dan selalu menyampaikan apapun yang anda yakini sesuai akal sehat dan adrenalin anda  itu, dan sebagai aparatur sipil negara anda harus juga lebih percaya diri untuk menyampaikan apapun yang anda yakini bermanfaat bagi masyarakat”. Ujarnya. (Aset)

Komentar
Tidak ada Komentar. menjadi yang pertama.