Kembali

Sosialisasi Hasil Sensus Pertanian 2013

JAKARTA – Hasil Sensus Pertanian yang telah dilaksanakan dengan biaya mahal diharapkan akan membantu para pengambil kebijakan dalam sektor pertanian. Hal itu dikatakan Kepala Pusat Statistik, Suryamin, dihadapan peserta Sosialisasi Hasil Sensus Pertanian 2013, di Hotel Swiss – Bel, Jakarta, Jumat (11/9).

Suryamin mengatakan, hasil sensus pertanian yang dikukan akan sangat berguna untuk perencanaan, implementasi kebijakan, dan evaluasi program pembangunan pertanian, baik di kementerian dan lembaga terkait (Pertanian, Kelautan dan Perikanan, Kehutanan, dan Bappenas), perguruan tinggi dan lembaga internasional.

"Pelaksanaan Sensus Pertanian 2013 (ST2013) merupakan amanat UU No. 16 Tahun 1997 tentang Statistik dan mengacu pada sejumlah rekomendasi dari FAO yang menetapkan “The Word Programme for the 2010 Around Agricultural Censuses Covering Periode 2006 – 2015," jelasnya.

Dia menjelaskan, pencacahan ST2013 dilakukan untuk seluruh sub sektor di seluruh wilayah Indonesia. Wilayah konsentrasi pertanian dicacah dengan metode door to door dan wilayah nonkonsentrasi dicacah dengan metode snowball.

Turut hadir dan mememberikan paparan pada kesempatan ini Prof. Ir. R. Sjarief Widjaja, Ph.D, FRINA Sekretaris Jenderal Kementerian Kelautan dan Perikanan, Dr. Adi Lumaksono, M.A Deputi Bidang Statistik Produksi BPS RI, Dr. Ir. Eka Widodo Soegiri, MM Kepala Pusat Humas Kementerian Kehutanan, Ir. M Tassim Billah, MSc Kepala Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian. (ft/lam/humas)

Komentar
Trackback URL:

Tidak ada Komentar. menjadi yang pertama.