Kembali

Coaching Skills For Leadership Trainers

Lembaga Administrasi Negara  (LAN) bekerjasama dengan Deutsche Gesellschaft fuer Internationale Zusammenarbeit (GIZ) melaksanakan Pelatihan Teknis “Coaching Skills For Leadership Trainers In LAN’s Leadership Program (Basic Course)” pada tanggal 18 – 22 Agustus 2015 di Hotel ARA, Serpong, Tangerang dengan fasilitator Dr. Thomas GEBHARDT dari Potsdam Center for Policy Management (PCPM) University of Potsdam, Germany.  Kegiatan Pelatihan Coaching ini dibuka oleh Deputi Kajian LAN, Sri Hadiati Wara Kustriani, pada hari Selasa tanggal 18 Agustus 2015 pada pukul 09.45. Dalam sambutannya Hadiati menyampaikan pentingnya Pelatihan Coaching dalam kerangka penyempurnaan yang berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan Diklat Prajabatan & Kepemimpinan.

Pelatihan Coaching ini terselenggara berkat kerjasama antara Pusat Pengembangan Program dan Pembinaan Diklat, Kedeputian Bidang Diklat Aparatur LAN dengan program TRANSFORMASI GIZ yang telah direncanakan sejak bulan April lalu.  Pelatihan Coaching bertujuan untuk memahami prinsip-prinsip umum dalam coaching, mengembangkan self- awareness and self knowledge of coaching dan menerapkan coaching yang lebih berorientasi pada proses melalui latihan beberapa tools dan instrumen seperti inner team, six thinking hats, dan minister of action. Penggunaan metode training yang sangat varatiatif  setiap hari oleh Thomas Gebhradt dimulai dengan overview, pemaparan konsep materi pokok, pemberian contoh dan latihan, penayangan video, praktek langsung proses coaching (individual & group coaching) dan diakhiri dengan review atau wrap up session telah menjadikan para peserta selalu antusias dan menumbuhkan suasana pembelajaran yang sangat dinamis.   Peserta juga diberikan kesempatan untuk melakukan refleksi terhadap pelatihan ini dengan melakukan project selama 2 minggu tentang coaching case documentation dan melakukan analisa buku systemic coaching.

Kegiatan yang diikuti oleh 16 peserta yang berasal dari Badiklat DKI, Badan Pengembangan SDM Kemendagri, PKP2A LAN Bandung-Makassar-Aceh, P3D, Pusdiklat KAN, Pusdiklat TF, Pusat Pembinaan Analis Kebijakan  dan Balai Diklat Bahasa LAN ini ditutup pada hari Sabtu tanggal 22 Agustus 2015. Pada saat penutupan Direktur Program  GIZ Transformasi, Doris Becker menyatakan bahwa GIZ senang dapat membantu LAN dalam meningkatkan kualitas Diklat Kepemimpinan & Prajabatn melalui Pelatihan Coaching. Kegiatan ini akan dilanjutkan pada tanggal 7 – 11 september 2015 yang akan datang berupa Pelatihan Coaching Tingkat Lanjutan agar semakin memperkaya pengetahuan dan ketrampilan para fasilitator Prajabatan & Diklatpim sehingga mampu melakukan coaching dalam pembelajaran diklat secara lebih professional. Kegiatan coaching training ditutup oleh Kapus P3D, Reni Suzana dan dengan membagikan sertifikat pelatihan kepada seluruh peserta (mif & ff).

Komentar
Trackback URL:

Tidak ada Komentar. menjadi yang pertama.