Kembali

Polri Jamin Keamanan Proses Rekapitulasi Hasil Pilpres

JAKARTA – Kepolisian Republik Indonesia akan mengerahkan personelnya untuk menjamin proses rekapitulasi nasional hasil Pilpres 2014 berjalan secara aman, tertib, damai dan lancar. Hal ini dikemukakan Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Ronny Franky Sompie saat acara Forum Bakohumas dengan tema “Pasca Pemilu Presiden, Bersama Membangun Bangsa”, di Hotel Millenium, Jumat (18/7).

Dia menuturkan, Polri akan menjamin keamanan dan ketertiban pasca pemilu dengan menggelar operasi terpusat bernama Operasi Mantabrata. Setidaknya ada 40 titik penjagaan di Jakarta. “Pasukan yang dikerahkan sebanyak 254.088 personel dari Polri, dan non-Polri 23.450 personel,” jelasnya.

Ronny menegaskan masyarakat tidak perlu khawatir menjelang pengumuman pilpres 2014 yang akan dilaksanakan KPU pada Rabu (22/7) besok. Polri menjamin keamanan negara secara optimal dan menghimbau kepada masyarakat umum untuk tidak terprovokasi dengan adanya rumor negatif menjelang pengumuman pilpres 2014.

“Demokrasi telah memberikan ruang bagi masyarakat untuk berserikat, berkumpul dan menyampaikan pendapat yang dijamin oleh konstitusi. Jadi tidak perlu khawatir dengan isu-isu yang berkembang,” jelasnya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika, Freddy H. Tulung, mengatakan, penciptaan suasana yang kondusif pasca pemilu memegang peran penting. Selain sebagai upaya untuk menjamin rasa aman di tingkat masyarakat, hal itu juga menjadi pertanda matangnya proses demokrasi yang kini tengah berjalan di Indonesia.

“Masyarakat tidak perlu terpancing dengan provokasi-provokasi yang berkembang di jejaring sosial. Sehingga perlu dibangun informasi yang objektif agar masyarakat tidak terjebak dengan polemik yang ada,” paparnya.

Forum Bakohumas Kementerian/Lembaga itu juga dihadiri Deputi I Koordinasi Politik Dalam Negeri Kemenko Polhukam Mayjen Yoedhi Swastono dan berbagai perwakilan humas Kementerian/Lembaga seluruh instansi. (chok/bp/humas)

Komentar
Trackback URL:

Tidak ada Komentar. menjadi yang pertama.