Kembali

PKP2A IV LAN Perwakilan Aceh Gagas Training Network on Sumatera

Pusat Kajian Pendidikan dan Pelatihan Aparatur (PKP2A) IV Lembaga Administrasi Negara (LAN), Senin (17/11/2014) menggelar Rapat Koordinasi Diklat Se-Sumatera.

Rakor Diklat itu dihadiri 60 orang peserta yang terdiri dari pimpinan  lembaga diklat daerah se-Sumatera, lembaga diklat kementerian dan lembaga yang berkedudukan di Sumatera, Badan Kepegawaian Daerah di Sumatera, Ombudsman Perwakilan Aceh, PKP2A LAN I Jatinangor,  PKP2A III LAN Samarinda dan para pejabat fungsional Widyasiwara. Rakor diklat ini sekaligus menjadi awal pembentukan jejaring kediklatan se-Sumatera.

Kepala PKP2A IV LAN, Ir. Faizal Adriansyah.,M.Si menyampaikan, lahirnya Undang-Undang No. 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (UU ASN) telah menempatkan diklat sebagai komponen wajib dalam pengembangan SDM aparatur. Hal ini menjadikan Lembaga Diklat Aparatur memiliki peran yang sangat strategis dalam melahirkan ASN yang profesional dan berdaya saing tinggi.

"Berangkat dari posisi strategis Lembaga Diklat Aparatur tersebut, maka dirasa perlu adanya 'wadah' komunikasi antar pemangku kepentingan (stakeholders) kediklatan yang dapat membangun jejaring kediklatan, sehingga dapat bersinergi dalam mengimplementasikan UU ASN," jelasnya saat menyampaikan laporan.

Kegiatan Rakor yang diselenggarakan di Gedung Diklat PKP2A IV LAN Aceh yang baru selesai di bangun itu dibuka oleh Gubernur Aceh yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Provinsi NAD, Drs.Dermawan, MM dan juga di hadiri oleh Sekretaris Utama LAN, Dr. Adi Suryanto,M.Si.

Dalam kesempatan itu Sekretaris Utama LAN, Dr. Adi Suryanto, M.Si mendaulat PKP2A IV LAN menjadi Koordinator Training Network on Sumatera (TNS) dan lembaga diklat lainnya di Sumatera menjadi anggota TNS. Jejaring Kediklatan se-Sumatera itu bertugas untuk melaksanakan koordinasi pengembangan informasi, kemitraan dan fasilitasi dalam rangka kediklatan pegawai ASN se sumatera.

Dalam arahannya, Sekretaris Utama LAN, Dr. Adi Suryanto, M.Si juga menyampaikan, terbentuknya jejaring kediklatan di Sumatera akan sangat bermanfaat bagi LAN sebagai lembaga pembina diklat dalam melaksanakan tugas pembinaan dan penjaminan mutu diklat (quality standard, quality assurance, dan quality control).

Beberapa agenda jangka pendek dengan terbentuknya TNS pun telah disepakati yaitu penyusunan kalender kalender Diklat se- Sumatera Tahun 2015, penyusunan profil lembaga diklat se-Sumatera dan pengumpulan dokumen Analisis Kebutuhan Diklat Aparatur se- Sumatera. Sebagai bentuk komitmen bersama, di penghujung kegiatan Rakor, semua peserta Rakor menandatangani naskah kesepakatan pembentukan TNS. (humas aceh)

Komentar
Trackback URL:

Tidak ada Komentar. menjadi yang pertama.