Kembali

Peserta Diklat Prajabatan Pola Baru Aktualisasikan ANEKA

Jakarta - Penyelenggaraan perdana pendidikan dan latihan prajabatan Calon Pegawai Negeri Sipil golongan II dan golongan III pola baru baru saja memasuki tahapan off campus. Tahapan dimana para peserta diharapkan mampu mengaktualisasikan nilai-nilai dasar profesi PNS serta aktualisasi sikap dan perilaku PNS yang didapat dari pembelajaran selama on campus. Diklat prajab pola baru ini berbeda dengan sebelumnya, dimana ada lima tahapan yang harus diikuti oleh setiap peserta. Lembaga Administrasi Negara selaku pihak penyelenggara mengharapkan peserta dapat menginternalisasikan nilai-nilai dasar profesi PNS serta sikap dan perilaku PNS dalam memaknai setiap kegiatan.

LAN menyelenggarakan tahap pertama diklat prajabatan pola baru angkatan perdana ini pada tanggal 11 September 2014 sampai dengan tanggal 3 Oktober 2014 di kampus Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) LAN, Pejompongan, Jakarta.

Penyelenggaraan perdana ini diikuti sebanyak 80 peserta dari LAN, Kementerian Keuangan, Badan Nasional Penanggulangan Bencana  (BNPB), Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif dan Badan Intelejen Negara (BIN). Tahapan pertama meliputi pembelajaran di dalam kelas sesuai dengan mata diklat yang telah ditetapkan. Kegiatan lain yang dilakukan adalah senam pada pagi hari, visitasi ke instansi yang terkait dengan mata diklat dan outbond di Rindam Jaya. Setelah semua kegiatan tersebut, peserta diklat prajabatan membuat rancangan aktualisasi. Untuk kemudian mereka paparkan kepada penguji dalam seminar rancangan aktualisasi sebelum mereka off campus.

Aktualisasi yang akan dilakukan peserta diklat prajabatan selama sebulan di tempat kerja atau magang tersebut kemudian dikaitkan dengan nilai-nilai dasar profesi PNS serta sikap dan perilaku PNS. Kelima nilai dasar tersebut  terdiri dari Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika Publik, Komitmen Mutu dan Anti Korupsi. Kelima nilai yang dikenal dengan akronim “ANEKA” tersebut yang menjiwai peserta diklat dalam setiap kegiatan aktualisasi. Sedangkan mata diklat sikap dan perilaku PNS meliputi Tata Upacara Sipil, Kesamaptaan serta Kesehatan Jasmani dan Kesehatan Mental.

Aktualisasi tersebut dilaksanakan selama satu bulan di tempat kerja atau tempat magang bagi peserta diklat yang berasal dari luar Jakarta. Selama aktualisasi peserta diklat akan dibimbing oleh mentor dan coaching yang telah ditunjuk. Dengan demikian peserta diklat prajabatan dapat menjadi Aparatur Sipil Negara yang profesional sebagai pelaksana kebijakan publik, pelayan publik, dan perekat dan pemersatu bangsa. Setelah tahap aktualisasi nantinya peserta diklat prajabatan akan masuk ke tahap ketiga on campus yang rencananya akan diselenggarakan pada bulan November 2014. (dan)

Komentar
Trackback URL:

Tidak ada Komentar. menjadi yang pertama.