Kembali

Pengembangan Kapasitas SDM Melalui Program Organisasi Pembelajar (Learning Organization)

JAKARTA – Pembangunan dan pengembangan kapasitas SDM memegang peran penting untuk kemajuan organisasi. Berbagi pengetahuan di antara sesama pegawai melalui program learning organization menjadi jalan tengah untuk saling berbagi dan menransfer pengetahuan.

Kepala Biro Perencanaan Hukum Humas dan Protokol LAN, Elly Fatimah mengatakan, setiap pegawai harus terlibat aktif dalam usaha perubahan organisasi, khususnya dalam pengembangan kapasitas pegawai.

“LAN secara kelembagaan mendorong setiap pegawai untuk terus meningkatkan kapasitas personalnya. Sehingga setiap transformasi organisasi, baik itu dalam hal teknologi atau ilmu pengetahuan bisa diikuti dengan baik,” jelasnya saat acara konsolidasi dan evaluasi kegiatan di lingkungan PH2P yang diikuti oleh seluruh pegawai PH2P LAN, di Gedung A Kantor LAN RI, Jl. Veteran No. 10, Jakarta Pusat, Jumat  (5/12).

Elly menambahkan, sebagai organisasi pembelajar, setiap individu didalamnya dihadapkan pada konsekuensi untuk terus belajar agar up grading kemampuan berjalan secara berkesinambungan.

“Dengan pembelajaran terus-menerus, saya berharap ada dampak pada pengembangan organisasi,” kata Elly.

Sejumlah pegawai yang mengikuti evaluasi dan konsolidasi program learning organization menyambut positif program yang digagasnya. Menurut mereka, banyak sekali manfaat yang diperoleh dengan kegiatan tersebut.

Sebagai contoh, setiap pegawai yang ditugaskan untuk mengikuti kegiatan seminar, short course, ataupun kegiatan yang bernuansa pembelajaran baru, maka setiap selesai mengikuti kegiatan, mereka diwajibkan untuk membagi pengetahuan tersebut kepada seluruh pegawai melalui forum – forum diskusi.

Kabag Humas Idha Saftawaty, mencontohkan, setiap pegawai yang dinas luar seperti mengikuti bakohumas, pra kongres pranata humas dan kegiatan lainnya, maka yang bersangkutan setelah selesai melaksanakan tugas dan kembali ke kantor, di wajibkan untuk mempresentasikan hasil kegiatan yang diperolehnya dihadapan kolega kerjanya.

Acara konsolidasi dan evaluasi learning organization itu ditutup dengan pemberian piagam penghargaan kepada unit kerja dan pegawai yang secara rutin dan aktif menyelenggarakan kegiatan yang berkaitan dengan learning organization. Penghargaan berupa piagam yang ditandatangani oleh Sekretaris Utama LAN itu diberikan kepada Bagian Humas dan Informasi untuk kategori unit kerja. Sementara untuk kategori pegawai diberikan kepada Mustofa. (fat/Humas)

Komentar
Trackback URL:

Tidak ada Komentar. menjadi yang pertama.