Kembali

Middle Income Trap Terjadi Karena Minimnya Inovasi

Jakarta – Indonesia dipastikan dapat keluar dari middle income trap jika terjadi perbaikan kualitas pelayanan publik di seluruh sektor. Berbagai inovasi dibidang pelayanan publik akan mendorong peningkatan daya saing Indonesia dikancang ASEAN,

Hal ini disampaikan Kepala LAN, Prof. Dr. Agus Dwiyanto, MPA saat membuka Diklatpim Tk. I Angkatan XXX, di Graha Makarti Bhakti Nagari, di Kampus PPLPN Pejompongan, Kamis (5/3).

Menurut Agus, stagnasi pembangunan yang terjadi di Indonesia disebabkan oleh tingkat pertumbuhan ekonomi yang sama dari tahun ke tahun.

“Sehingga pembangunan yang terjadi seperti jalan di tempat dan terjebak dalam tingkat pembangunan ekonomi yang sama,” jelasnya di hadapan 30 peserta dari berbagai Kementerian/Lembaga/Pemda.

Kepala LAN menambahkan, kebuntuan itu harus segera dicarikan jalan keluar. Pemimpin publik sebagai kunci pelaksana kebijakan harus segera mengambil aksi nyata dengan melakukan berbagai perubahan inovatif.

“Pemberlakuan ASEAN Community 2015 yang penuh dengan tantangan dan daya saing membutuhkan pemimpin yang mampu melakukan transformasi untuk mewujudkan visi dan misi negara,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Agus mengatakan, LAN telah menransformasi diklat sebagai arena untuk membentuk pemimpin guna membawa perubahan di sektor publik.

“LAN selama dua tahun telah berperan aktif dalam mencetak pemimpin-pemimpin perubahan dengan melakukan banyak perubahan, khususnya pola diklat,” tutupnya. (choky/mus/humas)

Komentar
Trackback URL:

Tidak ada Komentar. menjadi yang pertama.