Kembali

Mewujudkan Pemuda yang Berkarakter, Berkapasitas dan Berdaya Saing

 

JAKARTA – Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda  ke – 86 di Lembaga Administrasi Negara (LAN RI) dimulai pada pukul 07.30 WIB. Deputi Bidang Pengembangan Inovasi Administrasi Negara LAN,  Tri Widodo Wahyu Utomo didaulat menjadi Inspektur Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda kali ini. Upacara  diikuti oleh seluruh pegawai LAN RI ini dilaksanakan  di halaman kantor LAN, Jalan Veteran, Jakarta, Selasa (28/10/2014).

“Dalam sejarah perjuangan bangsa, Hari Sumpah Pemuda merupakan momentum historis yang teramat penting menjadi bagian tak terpisahkan dari mata rantai perjuangan bangsa kita”, ujar Tri Widodo membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga RI Kabinet Kerja Joko Widodo, Imam Nahrawi.

Bagi para pemuda Indonesia, Sumpah Pemuda merupakan manifestasi dari kepeloporan dan kepeduliannya untuk mengangkat harkat dan martabat bangsa Indonesia menjadi bangsa yang mandiri dan sejajar dengan bangsa-bangsa lain di dunia.

“Sedangkan bagi kita semua, dengan segala kemajemukan yang kita miliki, Sumpah Pemuda merupakan momentum sejarah yang berhasil menyatukan tekad dan semangat seluruh komponen bangsa”, lanjutnya.

Revolusi Mental yang dicanangkan oleh Presiden Ir. Joko Widodo amat relevan dalam mewujudkan pemuda yang maju. Ciri pemuda yang maju adalah pemuda yang berkarakter, berkapasitas dan berdaya saing. Oleh karena itu Revolusi Mental harus dapat dijadikan sebagai pemicu untuk mempercepat terwujudnya pemuda yang maju.

“Pemuda yang maju adalah pemuda yang memiliki kemampuan inovasi dan kreativitas yang tinggi, yang mampu mengatasi pelbagai persoalan yang dihadapi dan memiliki kompetensi sehingga mampu bertahan dan unggul dalam meghadapi persaingan global”, ujar Tri Widodo menutup sambutan.

Rangkaian upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda kali ini ditandai dengan pengibaran bendera Merah Putih, pembacaan Pancasila, Pembukaan UUD 1945, Pembacaan Sumpah Pemuda, menyanyikan lagu nasional  dan rangkaian acara lainnya. (fat/dan/humas)

 

Komentar
Trackback URL:

Tidak ada Komentar. menjadi yang pertama.