Kembali

Menkominfo Kukuhkan IPRAHUMAS

Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika RI  Rudiantara secara resmi mengukuhkan Kepengurusan Ikatan Pranata Humas Indonesia (Iprahumas) periode 2015 – 2018 dan sekaligus membuka Orientasi Tenaga Humas Pemerintah (THP), di Ruang Serba Guna Kantor kementerian Kominfo, Jl. Medan Merdeka Barat, Jakarta, Minggu (6/12).

Kepengurusan Ikatan Pranata Humas terbentuk berdasarkan Hasil Kongres yang dilaksanakan di Bandung 27 Agustus 2015 dan berhasul memilih  secara aklamasi ketua umum Iprahumas  Endah Kartikawati yang merupakan Pranata Humas dari Kementerian Pertanian.

Rudiantara dalam sambutannya mengatakan,  isu utama yang menjadi perhatian pemerintah saat ini adalah cara berkomunikasi pemerintah dengan publik. Menurutnya, peran itu menjadi tanggung jawab pranata humas di seluruh instansi pemerintah.

“Pranata Humas harus membangun tim efektif untuk mengelola program instansi dengan melakukan identifikasi terhadap para pemangku kepentingan (stakeholder), melakukan pemetaan nilai dan ketertarikan stakeholder melalui strategi komunikasi yang baik, serta meningkatkan dan memperbaiki komunikasi pemerintah dengan stakeholdernya,” kata dihadapan Pranata Humas dan pimpinan K/L yang hadir.

Sementara itu, terkait dengan perekrutan Tenaga Humas Pemerintah (THP), Rudiantara saat pembukaan Orientasi Tenaga Humas Pemerintah mengatakan, THP bertanggungjawab kepada Menteri dengan maksud untuk memperkuat pelaksanaan Government Public Relation (GPR).

“Orientasi ini dimaksudkan sebagai bagian dari pengenalan dan adaptasi terhadap pekerjaan THP sebagai bagian dari pelaksanaan humas pemerintah. THP harus mampu mengimbangi secara dinamis dan cepat terhadap perkembangan situasi yang terjadi setiap saat atau real time,” kata dia.

Dia mengungkapkan, dari 1.779 pelamar, telah tersaring 49 orang THP dan ada 2 orang pelamar yang berasal dari Pranata Humas diterima. Dia berharap, dalam waktu dua tahun THP yang telah ditempatkan di K/L  dapat mendorong kemampuan dan kompetensi Pranata Humas yang telah ada dengan pola kerja baru.

“Sehingga pada akhirnya pelaksanaan dan pengelolaan komunikasi publik dapat dilaksanakan secara mandiri oleh pranata humas pada masing-masing instansi,” jelasnya.

Orientasi THP dilaksanakan mulai tanggal 6 s.d 30 Desember 2015, di PPLPN Lembaga Administrasi Negara (LAN RI). (Fateha/Humas LAN)

Komentar
Trackback URL:

Tidak ada Komentar. menjadi yang pertama.