Kembali

Meningkatkan Kompetensi para Sekretaris Pimpinan LAN

JAKARTA – Bagian Protokol dan Arsip Lembaga Administrasi Negara mengadakan Bimtek Tata Naskah Dinas untuk meningkatkan kompetensi para Sekretaris Pimpinan di lingkungan LAN. Bimtek ini dimaksudkan agar para Sekretaris Pimpinan memiliki pemahaman komprehensif dalam membuat naskah dinas sesuai dengan pedoman tata naskah dinas yang diatur dalam Perka LAN dan Permen PAN & RB.

Kepala Bagian Protokol dan Arsip Lembaga Administrasi Negara (LAN), Bambang Suhartono mengatakan, naskah dinas memegang peran penting dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Instansi Pemerintah. Pasalnya, naskah dinas merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari aktifitas komunikasi internal maupun eksternal organisasi.

"Menyadari peran penting itu, kami berinisiatif untuk menyelenggarakan Bimtek ini sebagai bagian dari tanggung jawab yang kita emban. Sehingga ada transfer pengetahuan yang berguna bagi sekretaris pimpinan di lingkungan LAN," jelasnya.

Setelah mengikuti Bimtek, Bambang berharap, para peserta mampu membuat naskah dinas sesuai dengan pedoman yang baku. Disamping itu juga ada keseragaman, kerapihan, keserasian dan ketertiban dalam penyusunan format dan jenis-jenis naskah dinas serta tata dinas persuratan.

Dalam kesempatan yang sama, Widyaiswara Madya Pusdiklat Teknis dan Fungsional LAN,  Puji Hastuti menambahkan, adanya Bimtek Penyelenggaraan Tata Naskah Dinas diharapkan akan meningkatkan kemampuan para sekretaris dalam melakukan penulisan naskah dinas secara secara efektif dan efisien. Tata naskah dinas juga harus diselesaikan secara tepat waktu, tepat sasaran, dan kejelasan redaksional, kecepatan penyampaian dan distribusi.

"Termasuk secara efektif dalam penggunaan ruang atau lembar naskah dinas dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar. Penyelenggaraan tata naskah dinas pun juga harus dapat dipertanggungjawabkan dari segi isi, format, prosedur, kearsipan, kewenangan dan keabsahan," jelasnya. (fat/alam/humas)

Komentar
Trackback URL:

Tidak ada Komentar. menjadi yang pertama.