Kembali

Menginspirasi Para Pelaku Inovasi Dengan Handbook Inovasi Administrasi Negara

Jakarta – Kedeputian Inovasi LAN menggelar Ekspose Handbook Inovasi Administrasi Negara yang saat ini sudah memasuki tahap finalisasi. Handbook Inovasi Administrasi Negara ini berisi berbagai produk inovasi yang dihasilkan oleh seluruh instansi pemerintah, baik Kementerian/Lembaga/Pemda di Indonesia.

Deputi Inovasi, Tri Widodo Wahyu Utomo mengatakan, kehadiran handbook ini diharapkan akan memberikan banyak manfaat. Pasalnya, meskipun banyak aparatur sipil negara yang berniat untuk melakukan inovasi, namun mereka masih mempertanyakan mengapa, apa dan bagaimana serta siapa dan dimana harus melakukan inovasi.

“Handbook ini diharapkan menjadi semacam buku pegangan mengenai bagaimana inovasi dan replikasi itu dilakukan. Sehingga terhadap hasil-hasil inovasi ini perlu ada pengelolaan secara efektif dan berkesinambungan. Hal itulah yang menjadi latar belakang penulisan Handbook Inovasi Administrasi Negara,” jelasnya saat membuka Ekspose Handbook Inovasi Administrasi Negara, di Gedung A Kantor LAN RI, Senin (1/12).

Handbook Inovasi Administrasi Negara ini disajikan dalam bentuk Infografis. Hal ini dimaksudkan agar informasi yang kompleks menjadi lebih mudah dipahami dan cepat dimengerti oleh pembacanya.

Kepala Pusat Inovasi Tata Pemerintahan LAN RI, Basseng menambahkan, Handbook Inovasi Administrasi Negara ini diharapkan tidak hanya menyajikan referensi. Namun juga mendorong dan menginspirasi para pelaku inovasi di lingkungan pemerintah pusat K/L/Pemda dan lain sebagainya dalam melakukan inovasi administrasi negara secara efektif serta berkesinambungan.

Dalam ekspose tersebut, berbagai inovasi yang terangkum dalam Handbook Inovasi Administrasi Negara antara lain : beberapa keberhasilan inovasi tentang kota kreatif dan layak huni, manajemen persampahan, open recruitment, community development, simplikasi perizinan, one stop service penanggulangan kemiskinan, Surabaya menuju cyber city, sistem informasi logistik inovasi Layanan Rakyat Sertifikat Tanah (Larasita) dan rightsizing Lembaga Administrasi Negara (LAN).

Sementara itu, Asisten Administrasi Sekretariat Daerah Kabupaten Muara Enim, Ibrahim Ilyas yang juga ikut hadir pada acara ekspose mengatakan, kegiatan pemaparan Handbook Inovasi Administrasi Negara yang dilakukan oleh LAN adalah suatu kegiatan yang sangat bagus untuk diikuti. Pasalnya, handbook ini menampilkan kompilasi berbagai inovasi yang telah dilakukan oleh berbagai daerah di Indonesia.

“Manfaat yang didapat berupa referensi dan motivasi serta inspirasi bagi Pemerintah Daerah untuk mencontoh dan melakukan inovasi sebagaimana yang sudah dilakukan oleh berbagai daerah tersebut,” kata Ilyas. (fat/cq/humas)

Komentar
Trackback URL:

Tidak ada Komentar. menjadi yang pertama.