Kembali

Laporan Keuangan Berbasis Akrual Segera Diberlakukan

Jakarta - Untuk memastikan kesiapan Lembaga Administrasi Negara (LAN) dalam memasuki pemberlakuan pelaksanaan laporan Keuangan Berbasis Akrual (Accrual Base) pada semester I (pertama) tahun 2015, Inspektorat Lembaga Administrasi Negara (LAN) menyelenggarakan Konsolidasi Penyusunan Laporan Audited dengan melakukan diskusi koreksi laporan keuangan untuk persiapan Tripartit antara tiga pihak, yakni Kementerian Keuangan, Badan Pemeriksa Keuangan dan LAN.

Konsolidasi berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 6 sd 8 April 2015, di  Gedung A Kantor LAN Jakarta dan diikuti oleh pejabat pengelola keuangan pada setiap Satker di lingkungan LAN.

Menurut Inspektur LAN Etty Kurniasih, kegiatan konsolidasi ini  maksudkan untuk melakukan koreksi terhadap laporan keuangan semester 2 (dua) tahun 2014. Dengan demikian, diharapkan laporan keuangan LAN tahun 2015 tidak mengalami salah input maupun salah jurnal.

“Kegiatan konsolidasi ini baru pertama kali kita lakukan karena kami melihat masih adanya kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh rekan-rekan di satker,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Etty menjelaskan, untuk membuat laporan keuangan yang audited harus dimulai dari tingkat satker, tingkat wilayah dan terakhir pada tingkat lembaga.  Hanya saja, karena selama ini diburu waktu dan adanya deadline penyampaian laporan keuangan dari kementerian  keuangan, maka perbaikan laporan keuangan dilakukan dari tingkat lembaga.

Laporan keuangan yang telah diperbaiki ditingkat lembaga, lanjut dia,  selanjutnya disampaikan ke tingkat satker untuk diperbaiki dan disesuaikan dengan laporan yang telah dibuat oleh tingkat lembaga.

“Namun yang terjadi laporan itu tidak diperbaiki oleh satker sehingga angka yang un audited itu terbawa sampai ke 2014,” jelasnya.

Etty mengatakan, melalui konsolidasi laporan keuangan ini diharapkan kesalahan-kesalahan yang selama ini masih ditemui seperti kekeliruan pada jurnal maupun akun-akun yang masih bersifat negatif tidak terjadi lagi. Sehingga pada semester I tahun 2015, LAN siap memasuki pemberlakuan laporan keuangan berbasis akrual (Accrual Basis). (Asety/humas)

Komentar
Trackback URL:

Tidak ada Komentar. menjadi yang pertama.