Kembali

LAN RI & Pemkab Kutai Kartanegara Jalin Kerja Sama

SAMARINDA - Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara kembali melakukan kerjasama dengan Lembaga Administrasi Negara (LAN) dalam bidang penguatan kapasitas pemerintahan.

Hal ini ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara Pj. Bupati Kutai Kartanegara, Chairil Anwar, SH, MHum, dengan Kepala LAN, Dr. Adi Suryanto,M.si, di Pendopo Odah Etam Kabupaten Kutai Kartanegara, Selasa (17/11).

Pj. Bupati Kutai Kartanegara Chairil mengatakan, kerjasama yang dilakukan dengan LAN ini merupakan bagian penting dalam proses perjalanan reformasi birokrasi di Kabupaten Kutai Kartanegara. Menurutnya, kehadiran kantor LAN perwakilan Samarinda juga membawa semangat baru bagi Kutai Kartanegara dalam melaksanakan pembangunan serta penguatan dan percepatan pelaksanaan reformasi birokrasi secara menyeluruh.

“Adanya nota kesepahaman ini semakin memperkuat kapasitas Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara serta sebagai landasan kerjasama dalam kegiatan pengkajian kebijakan, pendidikan dan pelatihan, inovasi administrasi negara serta penyelenggaraan pendidikan tinggi”, ujar Chairil.

Kepala LAN Dr. Adi Suryanto juga mengatakan hal serupa. Menurutnya, penandatanganan Nota Kesepahaman antara kedua belah pihak ini menjadi pintu gerbang untuk bekerjasama. LAN akan berupaya untuk memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan kapasitas serta kompetensi ASN di lingkungan Pemkab Kutai Kartanegara.

Tidak hanya meningkatkan kapasitas ASN, lanjut dia, LAN juga bersedia mendampingi Pemkab Kutai Kartanegara untuk membentuk Laboratorium Inovasi dibawah binaan Kedeputian Inovasi LAN RI. Jika Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara berkenan maka akan menjadi Pemerintah Kabupaten pertama di Kalimantan yang memiliki Laboratorium Inovasi.

“Kita berharap bisa memfasilitasi sehingga inovasi-inovasi akan tumbuh berkembang di Kutai Kartanegara. Jadi inovasi di Kutai Kartanegara bisa berbagai lini, bisa inovasi pariwisata sehingga turis yang datang ke sini tidak hanya melihat museum tetapi juga melihat inovasi-inovasi lainnya,” jelasnya.

Seremoni penandatanganan MoU antara LAN RI dengan Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara itu juga diisi dengan hiburan Tari Tradisional Behempas, yang menjadi tarian budaya Kabupaten Kutai Kartanegara dan ditutup dengan jamuan makan malam untuk para Pimpinan Tinggi LAN yang hadir. (uly/humas)

Komentar
Trackback URL:

Tidak ada Komentar. menjadi yang pertama.