Kembali

LAN Harus Cepat Respon Isu Strategis

Samarinda - Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN RI) memiliki tantangan besar untuk merespon dengan cepat isu-isu strategis yang berkembang di tengah masyarakat. LAN harus keluar dari ‘zona nyaman’ dan segera mencetuskan berbagai rekomendasi yang dinantikan para pemangku kebijakan. 

Kepala Lembaga Administrasi Negara, Dr. Adi Suryanto M.Si mengakui, sejauh ini banyak sekali isu strategis yang gagal direspon oleh seluruh unit kajian di lingkungan LAN. Padahal, isu itu memiliki ketersinggungan dengan tugas pokok dan fungsi yang diemban LAN.

“Saya rasa kita banyak kecolongan karena isu-isu strategis yang ada tidak mampu kita respon dengan cepat. Contohnya adalah isu penyerapan dana desa dan sebagainya,” jelasnya saat membuka acara Rakernas Evaluasi Program & Kegiatan LAN, di PKP2A III LAN Samarinda, Selasa (17/11).

Menurut dia, LAN harus bermain dalam setiap isu strategis terkait tata kelola pemerintahan, administrasi Negara, kajian kebijakan, inovasi, serta kediklatan.

“Kalau memang tidak mampu mengambil porsi itu, setidaknya LAN menyediakan panggung untuk berdiskusi dan berdialog guna memecahkan persoalan-persoalan dari sisi administrasi negara,” jelasnya.

 Kepala LAN berharap agar seluruh pimpinan tinggi untuk meninjau ulang program kerja kedepannya sehingga lebih antisipasif dan responsif. Tidak hanya isu-isu yang saat ini berkembang, namun juga prediksi isu-isu jangka menengah dan jangka panjang. (uly/humas)

Komentar
Trackback URL:

Tidak ada Komentar. menjadi yang pertama.