Kembali

Kerja Besar Membangun Bangsa

JAKARTA –Sidang Paripurna MPR RI yang dipimpin Ketua MPR RI Zulkifli Hasan dengan agenda Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden, Joko Widodo diambil sumpah sebagai Presiden ke-7 dan Jusuf Kallla sebagai Wakil Presiden ke – 12 RI di Ruang Rapat Raripurna I, Gedung MPR, Jakarta, Senin (20/10).

Pelantikan Jokowi – JK dihadiri oleh Presiden ke – 6 RI Susilo Bambang Yudhoyono , Presiden ke – 5 RI Megawati Soekarnoputri, dan presiden ke – 3 RI BJ Habibie, serta para petinggi parpol seperti Prabowo Subianto, Aburizal Bakrie, Hatta Rajasa, Anis Matta, dan dihadiri oleh 672 dari 685 anggota MPR.

Seusai dilantik, Jokowi dalam pidatonya mengajak seluruh komponen bangsa bekerja dan bergotong royong membangun bangsa.

Dalam pidatonya Jokowi mengatakan ,” kerja besar membangun bangsa tidak mungkin dilakukan sendiri oleh Presiden, Wakil Presiden, ataupun jajaran pemerintahan yang dipimpinnya, tetapi membutuhkan topangan kekuatan kolektif yang merupakan kesatuan seluruh bangsa”.

Jokowi juga menekankan komitmen mewujudkan Indonesia yang berdaulat dibidang politik, berdikari dibidang ekonomi dan berkepribadian dalam kebudayaan.

Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden dihadiri pula oleh enam pimpinan negara dan 13 utusan khusus negara-nagara sahabat, enam kepala negara itu yakni Kepala Negara Brunei Darussalam Sultan Hassanal Bolkiah, Presiden Timor Leste Taur Matan Ruak, Perdana Menteri Malaysia Najib Razak, Perdana Menteri Papua Nugini Peter O’Neill, Perdana Menteri Australia Tony Abbot, dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong.

Adapun utusan negara sahabat yang datang pada pelantikan tersebut adalah Menteri Luar Negeri Filipina Albert del Rosario, Menteri Industri dan Perdagangan Rusia Genghis Manturov, dan Menteri Luar negeri AS John Kerry.

Pada Sambutan Penutupnya Jokowi   mengajak masyarakat untuk membangun Indonesia sebagai negara besar, kuat, makmur dan damai, Indonesia harus memiliki jiwa Cakrawarti Samudera, yaitu jiwa pelaut yang berani menghadapi samudera dan ombak yang menggulung. (fat/Humas)

Komentar
Trackback URL:

Tidak ada Komentar. menjadi yang pertama.