Kembali

Kegiatan Penyembelihan Hewan Kurban di LAN-RI

 

Allahu Akbar.. Allahu Akbar.. Allahu Akbar… Laa  Ilaaha  Illallaahu Wallaahu Akbar.

Allaahu Akbar Walillaahil  Hamd..

Takbir berkumandang bertalu-talu di kantor Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN RI). Masih dalam suasana Hari Raya Idul Adha 1435 H, segenap jajaran pegawai LAN menyelenggarakan penyembelihan hewan kurban pada Selasa, (7/10). Anwar Sanusi selaku ketua pengurus Dewan Kemakmuran Masjid Baituttarbiyah mengungkapkan bahwa hewan yang dikurbankan sebanyak dua ekor sapi dan tiga ekor kambing. Dua ekor sapi yang dikurbankan atas nama keluarga besar LAN yaitu Agus Dwiyanto, Sri Hadiati Woro Kustriani, Sudardi, Ruli Hendriani, Maya Saphira, Eka Kusuma Dewi dan PT Anggun Kreasi Utama, serta keluarga Tri Widodo Wahyu Utomo . Sementara 3 ekor kambing yang dikurbankan atas nama Septiana Dwi Putrianti, Istikomah, dan Kania Damayanti.

Berbeda dari pelaksanaan penyembelihan hewan kurban tahun sebelumnya, Anwar Sanusi mengungkapkan bahwa PT Anggun Kreasi Utama sebagai pelaksana cleaning service di lingkungan LAN RI juga turut serta berkontribusi dalam acara kali ini. Ia berharap pelaksana ibadah kurban akan kembali mengkurbankan hewan di Hari Raya Idul Adha tahun depan.

Hewan kurban tersebut pun diserahkan oleh Agus Dwiyanto, secara simbolis kepada petugas penyembelihan hewan kurban, Kusnan. “Saya ingin menyerahkan hewan kurban kepada Pak Kusnan, berikut pisau untuk menyembelih hewan kurban”, ungkap Kepala LAN RI itu sambil menyerahkan pisau secara simbolis.

Disela-sela acara penyerahan hewan kurban itu, Agus Dwiyanto pun mengucap syukur karena keluarga besar LAN RI bisa melaksanakan ibadah kurban dalam suasana Hari Raya Idul Adha 1435 H. “Mudah-mudahan kegiatan penyembelihan hewan kurban ini menjadi simbol bagi kita dalam rangka membangun keikhlasan kita untuk beribadah”, lanjutnya.

Sedianya, hewan kurban tersebut akan dibagi menjadi 300 paket, dimana setiap bungkusnya berisi sekitar 1 kg daging. Paket daging kurban tersebut akan dibagikan kepada seluruh petugas cleaning service, petugas keamanan, supir serta para pegawai yang ada di LAN. Agus Dwiyanto berharap para pelaksana ibadah kurban memperoleh ridho dari Allah SWT.

Seperti yang diketahui, pelaksanaan penyembelihan hewan kurban sebagai bentuk kecintaan dan kepatuhan Nabi Ibrahim AS dalam melaksanakan perintah Allah SWT untuk mengorbankan anaknya, Nabi Ismail AS. Namun saat Nabi Ibrahim AS hendak menyembelih Nabi Ismail AS, Allah SWT lantas menggantikannya dengan kambing yang gemuk untuk dikurbankan. Hal tersebut tentu memberikan hikmah kepada Umat Muslim bahwa pengorbanan merupakan sebagai bentuk rasa syukur dan ikhlas. Pengorbanan juga salah satu kunci sukses kebahagiaan baik di dunia maupun di akhirat. (uly/dan)

Komentar
Trackback URL:

Tidak ada Komentar. menjadi yang pertama.