Kembali

Kapasitas Pemimpin Perubahan Harus Komprehensif

Jakarta-Kemampuan pemimpin tidak hanya diukur berdasarkan kapasitas akademisnya saja. Pemimpin harus memiliki kemampuan untuk mendengarkan aspirasi, menganalisa masalah, serta mencarikan solusi tanpa menimbulkan masalah baru. 

“LAN selaku instansi pembina diklat berupaya membentuk pemimpin perubahan dalam tubuh birokrasi. Pemimpin yang dihasilkan pun juga diharapkan mampu menyelesaikan masalah demi kepentingan publik. Kurikulum diklat yang kami susun juga sudah didesain untuk melahirkan pemimpin perubahan birokrasi agar mendekati world class civil services,” jelas Deputi Bidang Diklat LAN Muhammad Idris dalam sambutannya pada acara Upacara Pembukaan Diklatpim Tk. II Angkatan XLI Kelas A Lembaga Administrasi Negara (LAN), di Gedung Makarti Bhakti Nagari, PPLPN LAN Pejompongan, Jakarta, Selasa (4/8).

Deputi Diklat mengatakan, untuk mewujudkan birokrasi berkelas dunia, semua pemangku kepentingan harus mendorong percepatan reformasi birokrasi,  paling tidak melalui dua area perubahan, yakni SDM aparatur dan pelayanan publiknya.

“Pada area SDM aparatur, yang harus dilakukan adalah bagaimana membangun pola pikir (mindset) aparatur yang transformatif dan inovatif. Diklat Kepemimpinan ini merupakan salah satu cara membentuk calon pemimpin aparatur yang dapat menjawab kebutuhan masyarakat,” jelasnya.

Sedangkan pada area publik, lanjut dia, adalah bagaimana meningkatkan pelayanan publik agar lebih berkualitas.

Deputi Diklat M Idris berharap, dalam diklat ini peserta diharapkan tidak hanya mampu membuat konsep perubahan yang bagus. Namun juga mampu mewujudkan proyek perubahan tersebut hingga berhasil.

“Saya berharap para peserta diklat ini juga dapat membuat proyek perubahan yang terkait dengan ASEAN Community. Sehingga proyek perubahan yang dibuat tidak hanya menyelesaikan masalah personal di unit atau instansi masing-masing, tetapi juga menyelesaikan masalah bangsa ini. Tidak ada perubahan tanpa leadership yang kuat,” tutup Idris. (danang/cq/humas)

Komentar
Trackback URL:

Tidak ada Komentar. menjadi yang pertama.