Kembali

Inovasi ANDAL - LAN Untuk Tata Nomor Surat

Jakarta - Dalam rangka meningkatkan penyelenggaraan fungsi kearsipan terutama dalam upaya memperbaiki tata penomoran surat di lingkungan Lembaga Administrasi Negara, Kedeputian Inovasi menyelenggarakan forum inovasi  “Sosialisasi Aplikasi Tata Naskah Dinas Internal (ANDAL) LAN”.

Menurut Deputi Inovasi Administrasi LAN Tri Widodo, ANDAL merupakan wujud replikasi Inovasi yang akan diterapkan dilingkungan LAN. Menurut dia, arsip merupakan salah satu sumber informasi yang memiliki fungsi sangat penting di suatu instansi. Oleh karena itu, dibutuhkan tata penomoran surat yang baik sehingga mudah dalam penemuan kembali arsip tersebut,

“Pentingnya nomor surat merupakan salah satu wujud identitas surat yang menjadi acuan seorang pengelola persuratan untuk mengidentifikasikan surat tersebut. Penerapan ini sebagai upaya mewujudkan tata kelola naskah dinas yang baik,” jelasnya saat memberikan sambutan pembukaan, di ruang kelas A Gedung A LAN, Selasa (28/4).

Deputi Inovasi Tri Widodo menambahkan, selain melakukan sosialisasi pengelolaan tata penomoran surat, kegiatan forum inovasi ini juga bertujuan untuk merangsang gairah inovasi setiap unit di lingkungan LAN.

“Jadi kita berharap agar forum ini sekaligus mampu mendorong setiap unit di lingkungan LAN untuk berinovasi. Inovasi yang dihasilkan tentu tidak hanya bisa diaplikasikan di internal LAN, namun juga lebih luas lagi bagi setiap instansi pusat dan daerah,” jelasnya.

ANDAL yang saat ini sedang dikembangkan merupakan aplikasi yang membantu mengelola penomoran surat, sehingga permintaan penomoran surat tidak lagi tersentral di bagian TU Pimpinan dan Arsip, namun dapat diakses dimanapun dan kapanpun. (choky/humas)

Komentar
Trackback URL:

Tidak ada Komentar. menjadi yang pertama.