Kembali

HUT ke - 43 KORPRI : PNS Harus Menjadi Pelayan Masyarakat

Jakarta - Jajaran pegawai di lingkungan Lembaga Administrasi Negara berbaur bersama ribuan pegawai Negeri Sipil dari Kementerian/Lembaga, di silang Monas, Senin (1/12) dalam rangka memperingati HUT ke - 43 KORPRI. Upacara peringatan ini dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo dengan mengusung tema "Revolusi Mental Aparatur Sipil Negara."

Walau kesulitan dalam memasuki areal lapangan upacara namun hal ini tidak menyurutkan keinginan pegawai untuk memperbaharui sumpah pegawai negeri sipil.  Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi berpesan kepada seluruh PNS agar menjadi teladan bagi perubahan seluruh masyarakat.

Jokowi juga meminta para pegawai menerapkan birokrasi yang bersih, kompeten dan mampu melayani masyarakat dengan cepat. Sudah bukan saatnya lagi birokrasi di bawah kepemimpinannya memiliki mental priyayi yang justru ingin dilayani.

"Tinggalkan mentalitas priayi, milikilah jiwa yang melayani rakyat, jaga kode etik profesi, pegang teguh komitmen, serta buktikan pada masyarakat akan integritas dan kinerja aparatur negara yang semakin berkualitas serta patut dibanggakan," kata dia.

Dalam kesempatan lain, Menteri PAN & RB, Yuddy Chrisnandi menambahkan, revolusi mental merupakan janji Jokowi dalam kampanye pemilihan presiden yang harus dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan rakyat. Pelaksanaan revolusi mental itu harus dibuktikan dengan adanya perubahan sikap pegawai negara yang sebelumnya bermental priyayi menjadi pelayan rakyat.

Tampak hadir pula dalam upacara ini antara lain : Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Mufida Jusuf Kalla serta seluruh menteri Kabinet Kerja, selain itu ada pula Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama. Upacara ditutup dengan atraksi hiburan marching band oleh taruna-taruni IPDN serta Reog Ponorogo (cq/mus/humas)

Komentar
Trackback URL:

Tidak ada Komentar. menjadi yang pertama.