Kembali

Evaluasi Tahap Pertama Pelaksanaan Reformasi Birokrasi di LAN

Jakarta -  Tim Evaluator Kemenpan & RB melakukan pemeriksaan dokumen, data dukung dan bukti kemajuan reformasi birokrasi yang dilakukan Lembaga Administrasi Negara (LAN), di Gedung A Kantor LAN RI, Jumat (13/2).  Pemeriksaan ini merupakan tindak lanjut dari entry meeting yang dilakukan Tim Evaluator sebelumnya.

Dalam evaluasi yang dilakukan itu, ada beberapa aspek yang dievaluasi, diantaranya : Sumber Daya Manusia dan Pengembangan Budaya Kerja; Regulasi, Organisasi, Ketatalaksanaan, Percepatan Reformasi Birokrasi; Pemantauan dan Evaluasi Reformasi Birokrasi; serta Inovasi Pelayanan dan Teknologi Informasi.

Evaluasi dilakukan secara rinci dengan memeriksa dan mereview seluruh dokumen dan data bukti pendukung. Tidak hanya melakukan pemeriksaan, Tim Evaluator juga menanyakan secara detail berbagai perubahan yang dilakukan pasca kick off Reformasi Birokrasi tahap pertama pada tahun 2011 lalu.

Usai evaluasi awal yang dilakukan, Tim evaluator Menpan & RB, Agusdin mengatakan, sudah banyak kemajuan yang dicapai LAN dalam proses reformasi birokrasi dibandingkan sebelumnya.

“Meski demikian, ada beberapa catatan terkait hasil pemeriksaan dokumen, data dan bukti pendukung yang harus dilengkapi. Saya harap untuk segera dilengkapi,” jelasnya.

Hal senada dikemukakan anggota Tim Evaluator, Tri Susilo. Menurut dia, sudah ada perubahan di delapan area yang dipersyaratkan dalam reformasi birokrasi serta optimalisasi pemanfaatan IT.

Kepala Biro Perencanaan, Hukum, Humas dan Protokol (PH2PP) LAN, Elly Fatimah mengatakan, akan segera menindaklanjuti berbagai masukan dari Tim Evaluator RB, khususnya beberapa kelengkapan data dukung yang dirasa kurang.

“Kita akan bekerja keras untuk melengkapi dokumen yang dirasa kurang dan akan segera kita tindaklanjuti bersama. Sehingga verifikasi yang dilakukan di LAN bisa maksimal,” jelasnya. 

Untuk diketahui, hasil evaluasi Tim Kemenpan & RB terkait reformasi birokrasi di LAN ini akan disampaikan ke Deputi Bidang Program dan Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan, Muhammad Yusuf Ateh. Selanjutnya, hasil akhir penilaian Reformasi Birokrasi di LAN ini akan dibawa ke Tim Pengarah Reformasi Birokrasi Nasional untuk mendapat persetujuan usulan kenaikan  tunjangan kinerja sebesar 70 persen. (bp/humas)

Komentar
Trackback URL:

Tidak ada Komentar. menjadi yang pertama.