Kembali

Evaluasi Pelaksanaan Program RB di LAN RI

 

 

Jakarta – Tim Evaluator Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan & RB) melakukan kunjungan awal untuk mengevaluasi perkembangan pelaksanaan program Reformasi Birokrasi di Lembaga Administrasi Negara (LAN), Jumat (6/2). Evaluasi pelaksanaan program RB di LAN ini bertujuan untuk menindaklanjuti usulan penyesuaian tunjangan kinerja sebesar 70%.

Wakil Ketua Tim RB LAN, Anwar Sanusi memaparkan, sejak kick off reformasi birokrasi pada tahun 2011, banyak sekali perubahan yang dilakukan oleh LAN, khususnya menyangkut delapan area perubahan yang menjadi fokus reformasi birokrasi sesuai dengan Perpres No. 81 tahun 2010 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi dan Permenpan No. 20 tahun 2010 tentang Road Map RB.

“Banyak sekali perubahan yang sudah dilakukan di LAN di bawah kepemimpinan Kepala LAN. Prof. Dr. Agus Dwiyanto, MPA. Restrukturisasi organisasi, lelang terbuka untuk jabatan eselon I dan II, penempatan pegawai berbasis merit system adalah beberapa contoh,” jelasnya dihadapan tim evaluator.

Tidak hanya itu saja, lanjut Anwar, LAN juga melakukan penataan dalam bidang Penguatan Akuntabilitas,  Bidang Pengawasan, Bidang Ketatalaksanaan, Bidang Organisasi, Bidang Pelayanan, Manajemen Perubahan, Penataan SDM Aparatur, dan Penataan Peraturan Perundang-undangan.

“Saat ini kita sudah melakukan optimalisasi penggunaan teknologi informasi untuk melakukan komunikasi di internal organisasi, pembangunan sistem hukum on line, sistem informasi tunjangan dan kinerja pegawai, sistem keuangan on line dan lain sebagainya,” jelasnya.

Selain itu, lanjut dia, LAN juga memperbaiki pelayanan publiknya dengan membuka akses informasi secara luas kepada publik sesuai dengan prinsip keterbukaan informasi publik.

“Pusat informasi sudah kita sediakan. Setiap tamu yang berkunjung pun kita sediakan ruang khusus untuk meminimalisasi praktek gratifikasi. Lebih jauhnya, nanti tim evaluator bisa melihat sendiri dengan melakukan evaluasi secara langsung,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Tim Menpan & RB memaparkan penilaian yang diberikan terhadap proses Reformasi Birokrasi LAN. Dari delapan area perubahan, banyak capaian positif yang sudah dihasilkan dalam pelaksanaannya meskipun ada beberapa aspek yang harus terus ditingkatkan untuk mencapai nilai maksimal.

“Jika dinilai, posisi LAN mendapatkan kategori B atau Baik dengan sedikit perbaikan. Belum banyak Kementerian/Lembaga yang mendapat predikat tersebut. Kebanyakan masih jauh dibawah itu,” jelas anggota Tim Evaluator RB dari Menpan & RB, Agusdin Muttakin.

Tim Evaluator Menpan & RB rencananya akan melakukan evaluasi selama satu bulan penuh untuk melihat secara langsung proses reformasi birokrasi dan berbagai kemajuan yang telah dicapai oleh LAN. (bp/humas)

Komentar
Trackback URL:

Tidak ada Komentar. menjadi yang pertama.