Kembali

DR. Adi Suryanto, MSi Resmi Dilantik sebagai Kepala LAN

 

Jakarta – DR. Adi Suryanto, M.Si, dilantik menjadi Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI menggantikan Prof. DR. Agus Dwiyanto, MPA yang sudah memasuki masa purna tugas. Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan yang dipimpin oleh Men PAN & RB Prof. DR. H. Yuddy Chrisnandi, ME, digelar di Aula Lantai II Gedung A Kantor LAN RI, Jl. Veteran No. 10 Jakarta Pusat, Rabu (23/9).

Men PAN & RB Yuddy Chrisnandi dalam sambutannya menyampaikan, LAN saat ini dihadapkan pada tugas berat dalam mengembangkan kompetensi pegawai ASN, khususnya terkait dengan rencana pemerintah melakukan pengangkatan sebanyak 438 ribu tenaga honorer K-2 sebagai PNS.

“Ada banyak aspek yang kita pertimbangkan terkait dengan pengangkatan tenaga honorer itu. LAN harus bisa mengembangkan kemampuan mereka (tenaga honorer-red) terkait dengan tantangan global sekarang ini. Apalagi, tantangan global menuntut peningkatan pengetahuan, pengembangan potensi diri, serta profesionalisme kerja ASN,” jelasnya. 

Yuddy menambahkan, ribuan tenaga honorer yang rencananya diangkat sebagai PNS itu harus dididik dengan tepat agar menjadi aparatur yang berkualitas dan memadai dalam tata kelola pemerintahan.

“ini menjadi tantangan bagi LAN untuk memikirkan bagaimana meng up grade kapasitas dan kemampuan tenaga honorer yang masih minim pengetahuan dan talenta itu,” jelasnya.

Yuddy berharap, LAN sebagai institusi yang bertugas mendidik dan melatih aparatur di Indonesia untuk memikirkan lebih jauh bagaimana pola pengembangan pegawai yang berasal dari tenaga honorer.

“Diakui atau tidak, tentu akan ada implikasi berupa pelambatan pertumbuhan profesionalisme aparatur kita. Namun ini menjadi tugas LAN untuk memikirkan lebih jauh akan diarahkan kemana pengembangannya,” jelasnya.

Yuddy dalam kesempatan itu juga mengucapkan selamat bertugas kepada DR. Adi Suryanto, Msi selaku Kepala LAN yang baru serta mengucapkan terima kasih kepada Prof. DR. Agus Dwiyanto, MPA atas jasa-jasanya sebagai Kepala LAN periode sebelumnya.

DR. Adi Suryanto, Msi sendiri merupakan pegawai LAN yang telah berkarir selama 21 tahun. Karirnya dalam bekerja dimulai dari staf pada Pusat Diklat Teknis dan Fungsional LAN, lalu meniti ke jabatan struktural terendah eselon IV setelah 4 tahun bekerja.

Secara berturut-turut memperoleh promosi jabatan eselon III sebagai Kabag Administrasi Pusat Kajian Otonomi Daerah. Jabatan eselon II secara definitif dipangku sejak tahun 2009. Tahun 2013 melalui seleksi terbuka eselon I, DR. Adi Suryanto, MSi terpilih sebagai Sekretaris Utama LAN. (fateha/humas)

Komentar
Trackback URL:

Tidak ada Komentar. menjadi yang pertama.