Kembali

Bedah Buku : Sulitnya Membenahi Organisasi Pemerintahan

Jakarta - Saat ini buku manajemen strategi pemerintahan yang tersedia sangat terbatas, baik dalam jumlah maupun perspektif. Perkembangannya pun relatif lambat untuk jangka waktu yang relatif lama. Hal ini disebabkan karena ketidakjelasan keterkaitan antara strategi pemerintahan dan kinerja, sekaligus kecanggungan posisi strategis dalam organisasi pemerintahan.

“Memperbaiki organisasi pemerintah itu sulit,” ujar Suwarsono Muhammad sang pengarang buku “Strategi Pemerintahan : Manajemen Organisasi Publik,” di Kementerian Sekretariat Negara RI, Sekretariat Wakil Presiden, Kebon Sirih, Jakarta, Rabu (19/11).

Dalam bedah bukunya tersebut, Suwarsono mengatakan, organisasi itu dapat dikatakan sehat apabila organisasi tersebut tumbuh besar atau tumbuh hebat. Selain itu, syarat lain terkait dengan organisasi pemerintahan juga harus memenuhi syarat integritas, pelayanan dan public value.

Memperhatikan pola pemerintahan dan politik yang saat ini berjalan di Indonesia, Suwarsono mengemukakan bahwa saat ini tipe politik di Indonesia masuk dalam kategori the political battleground. Dimana ada dua kekuatan politik yang sama kuat sehingga manajemen pemerintahan sedikit banyak akan menguras energi.

“Apabila kondisi seperti ini terus berlangsung, maka sebagian energi pemerintah akan habis untuk meredam masalah ini selama lima tahun ke depan”, kata Suwarsono.

Sementara itu, Kepala Pusat Kajian Reformasi Administrasi LAN RI, Dr. Muhammad Taufiq, DEA yang menjadi pembahas acara bedah buku tersebut mengemukakan, pola yang dijalankan semua birokrasi di seluruh dunia hampir sama. Ukurannya yaitu mematuhi aturan.

“Sehingga tidak ada keberanian untuk berbuat sesuatu yang berhubungan dengan resiko walaupun mungkin itu akan berdampak baik untuk organisasinya,” jelasnya.

Selain itu, lanjut Taufiq, adanya kenyataan ego sektoral di masing-masing organisasi pemerintahan yang masih begitu kental juga menjadi problematika tersendiri.

“Ego sektoral dalam tubuh Kementerian/Lembaga harus segera dihilangkan. UU ASN yang mulai diberlakukan sudah berupaya untuk menghilangkan hal tersebut”, terangnya.

Dalam bukunya, Suwarsono menuliskan beberapa tipologi strategi organisasi. Seperti tipologi strategi model Wechsler dan Backoff, Model Rubin dan model Nutt dan Backoff. Buku yang diterbitkan oleh penerbit Erlangga ini terdiri dari 10 bab terurai dalam 200 halaman. (dan/nofel/humas)

Komentar
Trackback URL:

Tidak ada Komentar. menjadi yang pertama.