Kembali

58 Tahun LAN Mengabdi Kepada Negeri

Jakarta – Lembaga Administrasi Negara (LAN) di usianya yang ke -  58 semakin dituntut untuk memberikan kontribusi yang nyata dalam membentuk karakter dan kapasitas Aparatur Sipil Negara (ASN).

Plt. Kepala LAN, DR. Adi Suryanto, M.si mengatakan, perayaan ulang tahun LAN ini menjadi momentum penting untuk melakukan introspeksi internal, khususnya menyangkut sejauh mana kontribusi yang sudah diberikan dalam menata dan mengembangkan tata kelola pemerintahan di Indonesia.

“Kita semua tahu bahwa tantangan yang kita hadapi saat ini semakin kompleks. Sehingga kita perlu saling bekerjasama dan berkolaborasi untuk memberikan sumbangsih kita kepada negara,” jelasnya saat memberikan sambutan peringatan HUT LAN ke 58, di Gedung Auditorium LAN Jakarta, Kamis (6/8).

Menurut Plt. Kepala LAN, tidak hanya tantangan ke depan yang kian berat. Pada akhir tahun ini Indonesia juga akan memasuki era baru dengan pemberlakuan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Namun, masih banyak sekali pekerjaan rumah yang harus diselesaikan oleh pemerintah.

“Meski MEA sudah semakin dekat, namun kita bisa melihat bagaimana tingkat kinerja pemerintah kita yang masih belum optimal, indeks persepsi korupsi yang tinggi, serta efektifitas pemerintah kita yang belum menggembirakan dibandingkan dengan negara – negara ASEAN lainnya. Ini tentu menjadi pekerjaan rumah kita bersama,” jelasnya.

Hal lain yang tidak kalah penting, lanjut Plt. Kepala LAN adalah fase transisi pemerintahan Jokowi –Jusuf Kalla yang saat ini sudah memasuki usia satu tahun masa pemerintahan. Banyak sekali agenda besar pemerintahan yang harus disukseskan, khususnya menyangkut perbaikan pelayanan publik.

“Banyak agenda besar yang harus kita respon melalui pembangunan karakter dan mental ASN guna mendukung program Nawa Cita. Ini menjadi tantangan bagi LAN untuk bagaimana kita mengisi dan membentuk karakter ASN dalam konteks pengembangan kapasitas ASN,” jelasnya.

Sementara itu, Menteri PAN & RB Yuddy Chrisnandi dalam sambutannya berharap LAN untuk terus berkontribusi dalam pengembangan sumber daya manusia dalam instansi pemerintah.

“Saya berharap LAN terus memberikan kontribusi yang besar bagi proses pembangunan nasional melalui kegiatan edukatif dalam pengembangan SDM aparatur,” jelasnya.

Menurutnya, kontribusi LAN sangat diperlukan agar Indonesia terus mencetak SDM aparatur yang unggul, mampu bersaing, dan mempunyai visi jauh ke depan. (/humas)

Komentar
Trackback URL:

Tidak ada Komentar. menjadi yang pertama.